Pengertian Organisasi Bisnis yaitu suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Contoh organisasi bisnis adalah radio, Radio disebut organisasi bisnis karena tujuan ekonominya adalah menghasilkan keuntungan melalui kegiatan penyampaian informasi dan hiburan kepada masyarakat.
Agar bisnis dapat berjalan dengan sukses maka perlu diorganisasikan dalam mengorganisasi suatu bisnis tentunya harus memperhatikan unsur-unsur bisnis yang ada.Unsur bisnis yang perlu mendapat perhatian pengusaha yaitu lingkungan bisnis, lingkungan sangat besar pengaruhya kepada efisiensi dari operasional perusahaan dan kemampuannya untuk memperoleh keuntungan,untuk itu setiap pemilik dan pemimpin usaha harus dapat memahami keadaan lingkungannya dan dampak lingkungan tersebut terhadap usahanya.
Secara garis besar lingkungan bisnis dapat dibedakan menjadi dua yaitu: lingkungan pasar, dan lingkungan bukan pasar. Yang termasuk dalam lingkungan pasar adalah unsur-unsur dalam system pasar yang berpengaruh terhadap kegiatan suatu perusahaan,yang meliputi :
· Langganan
· Perusahaan yang menyediakan bahan mentah
· Para pekerja dalam perusahaan
· Perusahaan lain pesaing maupun bukan pesaing
Sedangkan lingkungan bukan pasar meliputi beberapa factor yang mempengaruhi kegiatan perusahaan dalam perekonomian. Unsur-unsurnya antara lain:
· Kegiatan ekonomi pada keseluruhannya
· Peraturan dan undang-undang negara dan pelaksanaannya
· Kestabilan pemerintah/politik dan kebijakan pemerintah
· Factor social dan budaya dalam masyarakat
· Orgnisasi perburuhan dan masyarakat lain
· Situasi dan perkembangan ekonomi global
Unsur lain yang mempengaruhi lingkungan bisnis berasal dari luar negara antara lain, perkembangan persaingan dan kemampuan untuk bersaing, pertumbuhan di negara lain dan investasi modal asing.untuk menghadapi persaingan dalam era globalisasi saat ini.organisasi bisnis perlu meningkatkan teknologi dan produktivitas, melakukan penetrasi ke pasar baru, dan menekan biaya produksi.
MENGELOLA ORGANISASI BISNIS
Untuk mengelola organisasi bisnis diperlukan pengelolaan atau manajemen serta orang yang bertanggung jawab disebut manajer. Manajemen adalah proses merencanakan,mengorganisasikan,memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan. Kegiatan yang ada dalam organisasi atau perusahaan antara lain meliputi kegiatan pemasaran,produksi,personalia,keuangan dan administrasi keuangan. Orang yang bertanggung jawab dalam kegiatan tersebut disebut manajer. Jadi manajer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya. Semua manajer memiliki tanggung jawab yang sama baik organisasi formal maupun informal.proses manajemen dilakukan secara bersama-sama oleh manajemen bawah,manajemen menengah,dan manajemen puncak.
Manajemen bawah bertanggung jawab untuk operasi unit terrentu, tugas pokok mereka berada pada proses pengawasan,perencanaan dan pengorganisasian. Manajemen menengah berkaitan dengan tugas-tugas integrasi serta melakukan proses perencanaan,pengorganisasian,dan pengawasan. Manajemen puncak memiliki lebih banyak tanggung jawab pada proses perencanaan dan pengorganisasian serta melakukan sedikit pengawasan. Contoh dari proses manajemen ini misalnya para manajer dapat menentukan gaya kepemimpinan atau mempengaruhi sikap karyawan tentang pekerjaan mereka.
BELAJAR BERORGANISASI BISNIS
Sering kali kita membicarakan tentang organisasi dalam kehidupan sehari-hari,baik organisasi formal maupun non formal. Ada tiga alas an yang mendasari kita mempelajari organisasi,antara lain:
· Hidup di masa kini
· Membangun masa depan
· Mengingat masa lalu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar