Pemasaran
Pengertian Pasar
Pengertian secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli dan jasa.
Pengertian secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membeli barang dengan harga tertentu.
Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu system total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yag dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasran serta tujuan perusahaan.
Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar meurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibag menjadi 2 yaitu:
· Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar dimana baranng-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
· Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langung tetapi hanya dengan mengggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
· Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung
· Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-baranng diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri.
Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran melliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebtuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang,dan utnuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan.
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (tempat,termasuk juga distribusi)
4. Promation (promosi)
Adapun tujuan pemasaran dalam perilaku konsumen, yaitu :
a. Memberi informasi ( promosi)
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.
Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran
Pemasaran merupakan kegiatan produktif karena menciptakan kegunaan (utility)baik kegunaan bentuk, tempat, waktu maupun milik.
Terdapat enam macam pendekatan yang biasa digunakan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran yaitu pendekatan
1. Komoditi (commodity approach)
2. Pendekatan kelembagaan (institutional approach)
3. Pendekatan analisis atau efisiensi pemasaran (analytical approach)
4. Pendekatan struktur tingkah laku dan penampilan pasar (SCP approach)
5. Pendekatan manajemen pemasaran (marketing management approach)
Masing-masing pendekatan tersebut tidak dapat berdiri sendiri sehingga memerlukan pendekatan lainnya agar dapat memberikan manfaat yang lebih menyeluruh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar